Wednesday 5 May 2010

Tips Memilih Kamera Digital

Memilih kamera digital adalah cukup rumit, karena banyak pilihan berbagai merk dan upe di pasaran. Kamera digital terbaik milik rekan anda belum pasti sama dengan pilihan terbaik anda.

Sehingga, yang pertama perlu dijawab adalah digunakan untuk apa membeli kamera digital tersebut? Apakah untuk mengambil foto keluarga saat liburan atau anda merencanakan untuk menjadi tukang foto? Ini akan menolong anda untuk mempersempit kriteria pilihan anda.

Di bawah ini ada beberapa pendapat dari berbagai kalangan:

Kamera untuk internet/email, untuk mengambil potret keluarga dsb.: Banyak orang-orang mempergunakan kamera digital untuk dokumentasi foto pribadi kemudian dikirim via email kepada keluarga atau rekan. Untuk penggunaan ini, kamera digital yang sederhana dan relatif murah dengan harga berkisar $100 sampai $200 serta mempunyai kemampuan kurang dari 5 MegaPixel adalah sudah cukup.
Kamera untuk memotret acara lelangan di depan umum secara online: Dengan semakin banyak bisnis mengambil tempat di Internet, anda mungkin juga perlu satu kamera untuk mengambil foto dari alat-alat mebel antik yang akan anda jual. Sehingga, anda memerlukan satu kamera yang yang dapat mengambil gambar pada ruangan yang tertutup, jaraknya kurang lebih 12 inci dari objek. Dengan demikian, satu kamera terdiri dari 5-8 MegaPixel adalah cukup pantas digunakan untuk keperluan ini. Harga dari kamera ini adalah tidak mahal dan tergolong kamera kelas menengah.
Satu kamera untuk foto dengan mutu yang baik untuk halaman web, penerbit desktop dsb.: Sekarang, kalau anda memerlukan satu kamera untuk pengambilan foto yang digunakan untuk membangun penerbitan desktop atau situs web, anda memerlukan kamera dengan 8-12 MegaPixel. Kamera ini mempunyai kumpulan fitur tambahan yang anda dapat pergunakan untuk menambahkan mutu foto anda. Sungguhpun harganya cukup mahal, mereka menyediakan pilihan terbaik untuk penggunanaan fitur dan kreatifitas. Kamera tersebut juga dapat menghasilkan foto untuk dicetak sampai ukuran 8×10 inci dengan kwalitas baik.
Di samping yang disebutkan di atas, anda juga perlu untuk mempertimbangkan emisi lain seperti ergonomik dari kamera. Hal ini akan terasakan ketika anda menggenggam kamera di tangan anda? Apakah anda nyaman dengan ukuran dan beratnya? Apakah cukup praktis untuk dibawa/dijinjing serta cukup mudah untuk dioperasikan sepanjang hari?
Kemudian harus dipertimbangkan pula untuk tambahan lampu kilat/Flash, karena alat ini sangat diperlukan untuk pencahayaan agar hasilnya lebih optimal sesuai dengan kondisi dan situasi disaat memotret.
Karenanya, ini adalah sangat penting untuk anda ketahui secara persis terhadap keperluan kamera anda agar dapatlah dipastikan bahwa anda sungguh-sungguh membeli kamera digital terbaik untuk sendiri.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails